Posted by : Babarobi 22 Okt 2010

Konten atau sering disebut dengan isi blog merupakan salah satu pondasi atau syarat untuk me-monetizing blog. Selain konten atau isi blog, pondasi sebuah blog juga ditentukan oleh SEO. Masih belom tahu SEO ?? silakan baca di wikipedia tentang arti sebuah SEO. Tips-tips SEO juga terangkum lumayan lengkap di kategori SEO dalam blog ini. Nah untuk pondasi
terakhir dalam mencari uang lewat blog (monetizing blog) adalah pengunjung atau lebih kerennya visitor. 3 syarat itu saling berhubungan dan sulit jika anda mau memisahkannya. Umpama benar terpisahkan antara ketiga pondasi tersebut, yang ada adalah tidak maksimalnya dalam monetizing blog kamu. Mari kita coba analisa 3 pondasi ini memang benar-benar berkaitan
Konten atau isi dari sebuah blog, hal ini jelas merupakan syarat mutlak dalam proses pembuatan blog. Buat blog trus ga diisi apa-apa, jelas hal ini ga mungkin mendapatkan apa-apa juga :P . Jadi konten atau isi blog harus yang pertama kita pikirkan dan kita buat sebaik mungkin. Bagaimana cara membuat sebuah konten atau isi blog yang menarik ? hmm coba baca lagi tentang postingan saya tentang menulis konten atau isi blog yang menarik. Biar lebih mudahnya saya tulis lagi saja :D
  • Cari Judul yang menarik
Kebanyakan pengunjung dan visitor blog itu males baca artikel kita :D . Mereka biasanya baca judul dulu baru baca artikel kita. Kalo judul udah asal-asalan pasti visitor ato pengunjung mikirnya isinya juga acak-acakan. Kalo saya sih biasanya bikin judulnya menarik dan isinya acak-acakan :P .
  • Menulis dengan Hati tulus dan Ikhlas Jangan ngedumel
Menulis artikel di blog jangan mengharapkan apa-apa kecuali emang mau nge-blog dan tulis artikel anda. Jika anda tahu artikel saya yang Topiknya ga jelas, itu saya nulisnya pas pertama bangun blog ini. Comment ga ada sama sekali, trafik waktu dulu juga masih dikit, untung juga dikit. Tapi saya tahu suatu saat saya bisa nulis yang bermanfaat dan mendatangkan visitor banyak ke blog saya :D .
  • Tulislah tulisan yang sekiranya ada manfaatnya bagi visitor anda.
Disini lebih menekankan pada kita menghargai visitor :D . Kalo kita tulisnya A ya isinya kalo bisa A lah. Jika tulisan anda bermanfaat bagi mereka dan mereka senang pada blog anda pasti lain waktu mereka akan kembali lagi ke blog anda.
  • Komunikasi dengan para pembaca
Apapun tulisan kita sebaiknya komunikasilah dengan para pembaca anda. Mau itu kisah pribadi, kisah inspirasi atau apa sajalah, jadikan pembaca itu bisa merasakan apa yang kita tuliskan pada artikel itu dan paham benar dengan bahasa dan tulisan kita :D .
  • Pakailah Bahasa yang Mudah dipahami semua pembaca blog kamu
Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami pembaca kamu, maksudnya adalah kamu orang indonesia kan ? Yah pake bahasa indonesia yang baik dan benar saja. jangan pake bahasa kedaerahan. Mentang-mentang kamu orang jawa terus pake bahasa jawa, yang sunda pakai bahasa sunda :P . Yah kalo caranya gitu pengunjung kamu dari daerah indonesia yang lainnya sulit memahami bahasa dalam blog kamu :P .
Nah setelah konten dan isi kamu menarik, saatnya kamu membuat bagaimana artikel kamu yang menarik dan bagus tadi ke index google di halaman 1. Inilah saatnya yang namanya SEO berperan penting bagi blog kamu. Soalnya Blog tanpa SEO bagaikan beli Kulkas tapi ga ada listriknya :P jadi ya tetep aja kurang maksimal hasilnya. Seumpama kita mempopulerkan blog dengan cara blogwalking, itu boleh-boleh saja kok :D . Tapi kalo dibandingkan dengan hasil dari blog yang mengandalkan SEO akan jauh sekali hasilnya :P . Kalo masalah tips seo, saya kira sudah banyak sekali blog-blog para master yang membahas tentang hal ini :D . Silakan cari saja di google tentang hal ini.
Nah lalu apa peran dari pengunjung atau visitor dari pada sebuah monetizing blog (mencari uang di blog) ? Weh ya jelas sangat amat vital dan sangat penting peran dari pengunjung kamu pada kegiatan mencari uang di blog. Mereka ini bisa menjadi seorang pembeli produk kamu, pengeklik iklan yang ada di blogmu, pembaca blogmu, seorang komentator, seseorang yang bisa support semangat ngeblog km, dan masih banyak lagi fungsi dari visitor itu. Kalo boleh saya buat urutan memulai membangun sebuah blog adalah :
Konten atau Isi Blog —–> SEO —-> Pengunjung datang —-> Rejeki Lancar
Gimana menurut kamu ? setuju ataukah ada pendapat lain tentang awal mula membangun sebuah blog ?

Leave a Reply

Komentar Anda

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Daftar Blog Saya

Popular Post

Visitor

- Copyright © 2013 Cafe Babarobi - Sao v2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -